Selasa, 07 Mei 2013

Tips Mencari Jodoh Dalam Pandangan Islam


Mencari Jodoh Idaman

Setiap wanita pasti ingin mempunya kekasih  yang sempurna. Di dalam mencari calon suami, maka sebagai wanita haruslah berhati-hati dalam memilih pasangan. Jika anda tergesa-gesa dalam memilih calon pendamping, maka keutuhan rumah tangga sering mengalami ketidak harmonisan. Pertengkaran dan saling menyalahkan akan menghiasi kehidupan. Berikut ini Tips mencari jodoh dalam pandangan islam.

1. Bertakwa Kepada Allah dan Rasul Nya
“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi)

2. Berakhlak Mulia.
"Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhai agama dan akhlaqnya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalo engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas."(H.R. Tirmidzi dan Ahmad)

3. Patuh kepada Orang Tua nya.
Dari Ibnu 'Umar RA ujarnya: "Rasulullah SAW bersabda: "Berbaktilah kepada orang tua kalian, niscaya kelak anak-anak kalian berbakti kepada kalian; dan peliharalah kehormatan (istri-istri orang), niscaya kehormatan istri-istri kalian terpelihara".(H.R. Thabarani, Hadits hasan)

4. Mampu memberikan Nafkah ( Mandiri )
"Hai golongan pemuda, barangsiapa di antara kamu ada yang mampu (untuk membelanjai) kawin, hendaklah ia kawin, karena kawin itu akan lebih menjaga pandangan dan akan lebih memelihara kemaluan, dan barangsiapa belum mampu kawin, hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu ibarat pengebiri"(H.R. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Demikian beberapa Tips Mencari Jodoh Dalam Pandangan Islam  yang perlu dipertimbangkan oleh seorang muslimah yang hendak menapaki tangga pernikahan. Selain melakukan usaha untuk memilih pasangan, jangan lupa bahwa hasil akhir dari segala usaha ada di tangan Allah ‘Azza Wa Jalla. Maka sepatutnya jangan meninggalkan doa kepada Allah Ta’ala agar dipilihkan calon pasangan yang baik. Salah satu doa yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan shalat Istikharah. Mudah-mudahan Allah Swt memberikan Petunjuk dan Hidayah Nya kepada kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar