Senin, 06 Mei 2013

Pentingnya Menjaga Lisan


Pentingnya Menjaga Lisan

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:
"Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu". Qs. Fushilat 41:30

Inilah janji Allah Swt kepada hambanya, sudah jelas sekali nikmat Nya akan kita peroleh di akhirat kelak. Sesungguhnya Islam adalah agama yang mempunyai tujuan yang sangat jelas, maka perhatikanlah tujuan itu. Berangkatlah menuju Allah Swt dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya, yang diwajibkan atas kita. 

"Semudah itukah kita memperoleh nikmat Nya?"

Menurut ayat di atas "Tuhan kami ialah Allah". Oleh karena itu wajiblah kita ber istiqamah di jalan yang telah dijelaskan oleh kitab Nya, sebab ia adalah perlintasan perintah Nya. Serta teladan bagi hamba Nya yang shaleh. Jangan sekali-kali menjauh meninggalkannya, jangan mengada-ada di dalamnya. Dan jangan pula menyimpang dari garisnya.  Agar kita tak kehilangan bekal yang dapat menyampaikan kamu kepada ridha Allah Swt di hari kiamat.

Jangan sekali kali kita meninggalkan akhlak mulia ataupun memutarbalikkan nya. mengekang lidah adalah salah satu hal tersulit kita lakukan.. Sebab lidah bagaikan kuda liar yang nyaris melemparkan penunggangnya. Seorang hamba akan memperoleh manfaat dari ketakwaannya kecuali ia senantiasa menjaga lidahnya. Seorang mukmin bila hendak mengatakan sesuatu, akan menanyakan terlebih dahulu di dalam hatinya. Jika berupa kebaikan, ia akan mengucapkannya. Tapi jika merupakan kejahatan dia akan menutupinya.

Rasulullah Saw : "Takkan lurus iman seseorang sampai hatinya menjadi lurus, dan takkan lurus hatinya sampai lidahnya menjadi lurus."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar