Jumat, 08 Februari 2013

Mengapa Wanita Muslim Perlu Berhijab?


Mengapa Wanita Muslim Perlu Berhijab?
Wanita Menggunakan Jilbab (Foto: Aktual.co/Amir Hamzah)
Wanita akan terlihat lebih cantik dan sopan jika tidak memperlihatkan aurat dan keindahan tubuh yang merupakan bentuk maksiat yang mendatangkan murka Allah dan RasulNya.
Jakarta, Aktual.co — Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al Ahzab : 59)
Pertanyaan ini mungkin akan dilayangkan oleh para remaja muslim yang belum siap menggunakan hijab atau berkerudung. Mungkin bagi sebagian kaum muda, berhijab akan meninggalkan kesan tua dan tidak modis. Namun, perlu diketahui bahwa berhijab merupakan kewajiban terutama bagi wanita muslimah dan sebagai ketaatan mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain menambah ketakwaan terhadap Allah SWT, wanita akan terlihat lebih cantik dan sopan jika tidak memperlihatkan aurat dan keindahan tubuh yang merupakan bentuk maksiat yang mendatangkan murka Allah dan RasulNya.

Dengan menggunakan hijab, wanita muslimah dapat meredam berbagai macam fitnah (kerusakan). Jika berbagai macam fitnah redup dan lenyap, maka masyarakat yang dihuni oleh kaum wanita berhijab akan lebih aman dan selamat dari fitnah. Sebaliknya, masyarakat yang dihuni oleh wanita yang gemar bertabarruj (berdandan seronok), pamer aurat dan keindahan tubuh, sangatlah rentan terhadap ancaman berbagai fitnah dan pelecehan seksual serta gejolak syahwat yang membawa malapetaka dan kehancuran yang sangat besar.


Seorang wanita muslimah yang menggunakan hijab, secara tidak langsung ia berkata kepada semua kaum laki-laki,“Tundukkanlah pandanganmu, aku bukan milikmu dan kamu juga bukan milikku. Aku hanya milik orang yang dihalalkan Allah bagiku. Aku orang merdeka yang tidak terikat dengan siapapun dan aku tidak tertarik dengan siapapun karena aku lebih tinggi dan jauh lebih terhormat dibanding mereka.”
Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan hikmah di balik perintah mengenakan hijab dengan firmanNya. "Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih". [Al Ahzab : 59]
Wanita  yang menggunakan hijab, menjadi terlihat lebih terhormat dan jauh dari segala godaan lingkungannya. Di zaman modern ini variasi hijab sudah tak ketinggalan mode. Jadi, tidak hanya mengikuti tren saja, berhijab juga banyak mendatangkan kebaikan serta meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar