Jumat, 15 Februari 2013

Tips merawat rambut wanita berhijab



Rambut adalah mahkota kaum wanita , namun tidak untuk wanita berjilbab , karena di tutupi oleh jilbab . ketika udara panas rambut juga akan panas , jadi cara merawat rambut yang baik dan benar bagi wanita berjilbab bagaimana ? . Rambut yang di tutupi jilbab harus mempunyai perhatian yang extra atau lebih di bandingkan yang tidak menggunakan jilbab . karena wanita berhijab justru cenderung memiliki berbagai masalah rambut seperti rambut menjadi lembab, ketombe, rontok atau patah, lepek, dan kulit kepala berminyak.

Sebenrnya melakukan perawatan rambut bagi wanita yang berjilbab tidak begitu sulit asalkan dalam merawat teratur . Berikut tips cara merawat rambut wanita berjilbab :



  1. Keramas secara teratur 2-3 hari sekali.
  2. Pilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala, karena rambut berhijab cenderung berminyak, maka sebaiknya pilih jenis shampo untuk rambut berminyak.
  3. Selalu gunakan hair tonik setelah keramas, dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena pijatan ringan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.
  4. Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lembab dan kulit kepala berketombe.
  5. Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup kita. Untuk itu perbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, dan vitamin C, serta zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami seperti Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.
Tak hanya itu , dalam menggunakan jilbab juga harus mengkondisikan rambut saat akan di tutupi jilbab dalam berpergian sebgi berikut :
  1. Sebelum mengenakan hijab, rambut harus dalam kondisi sudah kering, karena rambut yang masih basah atau lembab menyebabkan rambut menjadi rapuh, selain itu kondisi rambut basah yang ditutupi akan menimbulkan ketombe dan menyebabkan kulit kepala yang lembab.
  2. Untuk rambut yang panjang, jangan mengikat rambut terlalu keras,karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.
  3. Jangan seharian memakai hijab, maksimal 8 jam, atau setidaknya luangkan sedikit waktu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar